Wisata Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah

candi borobudur

Lokasi dan Sejarah Singkat Candi Borobudur

Candi Borobudur terletak di daerah desa Borobudur Magelang jawa tengah ini termasuk dalam candi agama budha. Candi agama budha dikenal dari ciri-ciri umumnya yang besar dan megah. Sedangkan untuk candi agama hindu biasanya tinggi dan ramping misalnya candi prambanan. Menurut penelitian geologi, Candi borobudur dibangun pada tahun 800 setelah Masehi, yaitu pada masa dinasti Syailendra. Pada masa sekarang, candi ini tetap dilestarikan menjadi salah satu peninggalan sejarah, menjadi salah satu tempat wisata, dan masih digunakan sebagai tempat upacara perayaan hari besar agama budha.

Arsitektur Candi Borobudur

Dari segi bentuknya, candi Borobudur ini disusun dalam enam teras yang berbentuk bujur sangkar. Lalu di atasnya terdapat pelataran melingkar dan pada dinding kelilingnya dihiasi oleh 2672 panel relief, serta terdapat 504 buah arca/patung budha. Candi borobudur ini diyakini memiliki jumlah relief budha paling lengkap dan paling banyak di dunia. Kemudian pada tingkat paling atas terdapat stupa terbesar yang dikeliling oleh tiga baris melingkar 72 stupa kecil-kecil dengan masing-masing stupa terdapat patung budha di dalamnya.

Panorama Candi Borobudur

Sebagai wisatawan, saya fikir tempat ini cukup bagus untuk berjalan-jalan dan menambah wawasan budaya dan sejarah. Buat olah raga juga baik karena untuk sampai di stupa terbesar kita harus menaiki undak-undakan batu berbentuk tangga yang lumayan banyak, dijamin ngos-ngosan. Untung saja ada 6 teras tingkat, jadi bisa buat istirahat di setiap tingkatnya. Terus sesampainya di atas, capek kita terbayar. Melihat pemandangan dan panorama alam di sekeliling candi cukup membuat hati kagum dan mata jadi relax sejenak. Bagi yang hobi foto-foto jangan lupa mengambil momen berharga di tempat ini, momen paling bagus menurut saya adalah saat matahari tenggelam /sunset. Langit yang merah, bulatan matahari yang agak besar, ditambah lagi kita shoot gambarnya dari sebelah samping arca budha atau stupa. Wow eksotis banget, coba deh. So disarankan kalau kesini jangan terlalu singkat ya, nikmati saja waktu anda disini dan tunggu momen-momen berharga yang dapat anda temukan disini.

Selamat menikmati liburan di candi borobudur ini. Sedikit tambahan, oleh-oleh khas di tempat ini biasanya cobek batu asli, buah salak pondoh asli, ukir-ukiran batu, dan beberapa cinderamata bercorak candi borobudur.

0 Response to "Wisata Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *