Festival Budaya Bahari Kepulauan Seribu

pulau seribu, festival pulau seribu, kepualauan seribu, wisata pulau seribu

Memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Kepulauan Seribu ke-9 yang jatuh pada hari Selasa, 9 November 2010 mendatang, sejumlah kegiatan akan digelar di Pulau Pramuka dengan tajuk ‘Festival Pulau Seribu 2010'. Festival ini melibatkan seluruh komponen di Kepulauan Seribu, utamanya peran serta masyarakat dalam upaya melestarikan budaya bahari yang menjadi identik wisata Kepulauan Seribu.


Ketua Panitia HUT Kepulauan Seribu, Beni Antonio, mengatakan, perayaan akan dimulai dengan jumpa pers di Marina Batavia, Sunda Kelapa. Jakarta Utara dengan tujuan untuk mensosialisasikan Festival Pulau Seribu agar dapat diapresiasikan oleh masyarakat ditingkat lokal, nasional, dan internasional. “Kita ingin peran media juga menunjang festival tahun ini untuk menginformasikan ke khalayak umum,” ujarnya Rabu (3/11).


Dia mengatakan, puncak HUT akan dilaksanakan pada 14 November dengan aksi penenaman pohon yang diharapkan dapat menggugah masyarakat luas dalam menyikapi arti pentingnya melestarikan pohon selain dapat mempercantik keindahan alam juga sebagai paru-paru pulau. “Terutama pohon mangrove yang selama ini dianggap dapat mencega terjadinya abrasi,” jelas Beni yang juga Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Seribu ini


Setelahnya, kata Beni, dilanjutkan aksi penanaman terumbu karang yang menyimbolkan ajakan untuk menjaga dan melestarikan keanekaragaman dan keindahan laut dalam upaya meningkatkan potensi wisata bahari. Selain itu, juga akan digelar karnaval perahu hias. “Tujuannya untuk memeriahkan dan juga sebagai ajakan bagi nelayan untuk turut serta mengembangkan destinasi wisata.” katanya.


Tak ketinggalan, sambung Beni, Festival Pulau Seribu juga menggelar lomba renang antar pulau yang diikuti oleh seluruh elemen masyarakat. Lomba ini akan menempuh jarak sekitar 400 meter. Melengkapi festival, katanya, juga dilaksanakan lomba masak bagi kedutaan besar yang ada di Indonesia. “Diharapkan, lomba ini akan mendapat apresiasi dari berbagai pihak utamanya wisatawan mancanegara, sekaligus mencari cita rasa kuliner di Kepulauan Seribu,” paparnya.


Untuk mencirikan identik ke-Indonesiaan, tandas Beni, festival juga diisi dengan lomba panjat pinang dimana tujuannya menarik minat wisatawan dan masyarakat agar berperan dalam perayaan HUT Kepulauan Seribu. Festival juga menyajikan pameran dan bazar produk-produk yang merupakan hasil dari kerajinan masyarakat, seperti kerajinan tangan, hasil biota laut, dan objek wisata resort.


“Perayaan HUT akan diisi penampilan hiburan yang sarat dengan budaya dan tradisi, seperti marawis, tarian massal yang dilakukan oleh anak-anak pulau, dan kreatifitas seni oleh masyarakat pulau,” kata Beni.


Sebelum menginjak hari puncak, Kabupaten Kepulauan Seribu menggelar sejumlah kegiatan yang dimulai sejak tanggal 26 Oktober hingga 14 November mendatang. Rangkaian kegiatan itu, yakni kerja bakti di Pulau Karya yang telah dilaksanakan pada 26 Oktober lalu. Selanjutnya lomba mancing yang akan digelar di kawasan gedung Gelanggang Olahraga Bahtera Jaya, Jakarta Utara pada 6 November mendatang.


Berikutnya pada Senin, 8 November 2010 akan dilaksankan sejumlah kegiatan seperti Pekan Olahraga Remaja (POR), Lomba PKK, dan turnamen sepakbola Bupati Cup 2010. Dan pada hari jadi Kepulauan Seribu 9 November akan digelar senam kesehatan jasmani (SKJ) massal yang melibatkan hingga ratusan peserta. Dan juga dilaksanakan lomba seni dan budaya seperti lomba Marawis dan Qosidah.

0 Response to "Festival Budaya Bahari Kepulauan Seribu"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *