Gunung Galunggung Objek Wisata Alam Gunung Berapi Aktif

gunung galunggung, wisata gunung galunggung

Gunung adalah salah satu objek yang dapat dijadikan tempat untuk berwisata, selain karena kawasan ini terletak di puncak, gunung juga menjadi tempat favorit karena pemandangan alamnya yang indah dan udaranya yang masih segar serta bebas dari berbagai macam polusi seperti yang ada di kota.

Gunung Galunggung adalah sebuah gunung berapi yang aktif dengan ketinggian 2.167km diatas permukaan laut dengan area tempat wisata seluas 120 hektar dan berada 17 km dari pusat kota Tasikmalaya. Di area gunung ini terdapat berbagai macam tempat wisata seperti cipanas yaitu pemandian air panas yang fasilitasnya lengkap dengan kolam renang, bak rendam air panas dan kamar mandi.

Ternyata dibalik keindahan pesona gunung galunggung ini, terdapat sejarah yang mengatakan gunung ini pernah meletus di tahun 1822 dengan mengeluarkan tanda cikunir yang berubah keruh dan berlumpur serta dengan munculnya kolom asap dari bawah kawah gunung tersebut. Tragedi meletusnya gunung ini adalah salah satu tragedi letusan gunung api yang dahsyat. 4.011 jiwa melayang dikarenakan tragedy meletusnya gunung ini, belum lagi 14 desa rata karenanya dengan kerusakan lahan ke arah timur dan selatan berjarak sekitar 40 kilometer dari puncak gunung galunggung.

Tragedi letusan gunung galunggung 1918 menjadi tragedi meletusnya gunung galunggung yang ke-2 setelah letusan yang terjadi pada tahun 1822 lalu.  Letusan yang terjadi pada tahun 1918 ini disertai dengan gempa bumi. Tragedi ini menimbulkan munculnya sebuah kubah lava dengan ukuran 560x440 meter yang berada di dalam danau kawah setinggi 85 meter.
Ternyata tragedi letusan gunung galunggung pada tahun 1918 bukanlah akhir dari meletusnya gunung galunggung ini, letusan terjadi lagi pada tahun1982 yang menewaskan 18 korban jiwa dikarenakan kecelakaan lalu lintas, usia tua, kelaparan karena kekurangan bahan makanan, dan dikarenakan usia tua.

Tahap rehabilitasi pun dilakukan di gunung galunggung ini guna memperbaiki kondisi alam yang rusak dikarenakan letusan gunung galunggung. Sehingga gunung galunggung dijadikan sebuah objek wisata yang menjadi tempat wisata favorit bagi wisatawan pelosok negeri maupun wisatawan yang dating dari penjuru dunia. Di gunung galunggung ini terdapat sebuah kawah yang menjadi objek wisata yang dapat ditempuh dengan menaiki anak tangga yang berjumlah 620 anak tangga, sesampainya di kawah ini kamu akan dimanjakan dengan panorama alam yang mengagumkan yang tidak akan kamu temukan pada tempat wisata lain di Indonesia.

Nah, itulah tadi ulasan mengenai wisata gunung galunggung, wisata alam ini cocok sekali untuk kamu yang ingin mengisi liburan bersama keluarga tercinta. Selamat berlibur!

0 Response to "Gunung Galunggung Objek Wisata Alam Gunung Berapi Aktif"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *