5 Tempat Wisata di Jepara Yang Menjadi Favorit Pengunjung

pulau karimun jawa, taman nasional karimun jawa, karimun jawa, wisata karimun jawa

Mungkin kamu sudah tak asing lagi mendengar kata Jepara, ya kota yang terletak di Pulau Jawa ini adalah kota yang terkenal akan ukiran kerajinan kayunya yang mendunia, selain itu kota jepara juga merupakan kota bersejarah yaitu sebagai kota kelahiran salah satu pahlawan nasional perempuan Indonesia, yaitu R.A Kartini. Jika dilihat dari letak geografisnya, Jepara berada di wilayah Jawa Tengah bagian utara yang menjadikan kota ini berbatasan langsung dengan laut yang terkenal akan keindahan pantainya. Berikut adalah beberapa objek wisata kota jepara yang menjadi sasaran pengunjung pada waktu liburan tiba.

Taman Nasional Karimun Jawa

Taman Nasional Karimun Jawa berlokasi di Laut Jawa. Taman Nasional yang luasnya mencapai 107.225 hektar  ini berjarak kurang lebih sekitar 83 kilometer dari pusat kota jepara. Taman ini terdiri dari 27 gugusan kepulauan. ada banyak kegiatan yang menyenangkan yang dapat dilakukan disini, antara lain diving, olahraga air, berenang, memancing, snorkeling, dan berjemur. Panorama alam yang menakjubkan ditambah hamparan pasir yang sangat panjang membuat tempat ini menjadi tempat yang menyenagkan untuk dijamah. Di Karimuna juga terdapat beragam ekosistem seperti ekosistem hutan Mangrove, hutan pantai, algae, dataran rendah, serta padang lamun. Jumlah biota yang sebagiannya adalah biota yang dilindungi kelestariannya yang berada di dalam taman ini pun cukup banyak, yaitu 90 jenis karang keras, 133 genera akuatik, serta 242 jenis ikan hias .

Benteng Portugis

Benteng Portugis adalah salah satu bangunan bersejarah yang telah ada sejak zaman penjajahan dahulu, awalnya benteng ini berfungsi mengatur jalur pelayaran kapal dari Jepara ke Indonesia bagian timur dan sebaliknya. Benteng bersejarah yang menghadap langsung ke arah Pulau Mondoliko ini berlokasi di Desa Banyuamis Kecamatan Donorejo. Saat ini Benteng Portugis telah dialihkan fungsinya menjadi tempat wisata karena selain tempat ini adalah tempat bersejarah, tempat ini memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, perpaduan antara panorama bukit, pantai dan hamparan batuan yang sangat luas menjadikan tempat ini mempunyai pesona tersendiri.

Pulau Panjang

Pulau Panjang merupakan sebuah pulau wisata yang berada di wilayah jepara dengan karakteristik pulau yang dipenuhi pohon-pohon yang besar dan tinggi dan ditambah perdu serta semak yang menghiasi pulau ini sehingga menjadikan hutan tropis ini rumah pembuatan sangkar bagi burung laut serta menjadi tempat berkembang biak. Cara menuju pulau ini dengan menempuh perjalanan dari Dermaga R.A Kartini dengan menggunakan perahu. Jika ingin menjelajahi pulau yang luasnya hanya 9 hektar ini kamu bisa mengikuti garis pantai atau menelusuri jalan setapak dengan menikmati indahnya pulau panjang. Selain menelusuri pulau ini, kamu juga bisa berenang di tepian pantai pulau panjang yang airnya begitu jernih dan hampir tidak mempunyai arus hal ini menjadikan pantai ini sangat sesuai untuk dijadikan tempat berenang ataupun snorkeling.

Air Terjun Songgolangit

Air Terjun Songgolangit merupakan sebuah tempat wisata kota Jepara yang popular hingga ke pelosok negeri. Air terjun ini mempunyai pemandangan alam yang daya tariknya terletak pada ketinggiannya yang menjulang tinggi. Nama songgolangit sendiri mempunyai arti menyangga langit, penamaan air terjun ini dikarenakan ketika kita mellihat ke atas dari air terjun ini, seakan-akan air terjun ini menyangga langit.

Pantai Kartini

Ingin mengajak keluarga liburan? Cobalah berlibur ke pantai yang satu ini, yaitu pantai kartini, pantai yang dahulunya menjadi tempat bermain R.A Kartini bersama saudara-saudaranya. Hal ini membuat pantai ini dinamakan Pantai Kartini. Pantai kartini adalah pantai yang strategis untuk anda yang menginginkan liburan yang menarik karena pantai ini lokasinya dekat dengan Pulau Panjang dan Karimun Jawa. Pantai ini pun menyediakan wahana bermain bagi anak-anak seperti permainan perahu arus. Komedi putar, mandi bola, dan masih banyak lagi wahana permainan seru lainnya.

Demikian ulasan singkat mengenai 5 Objek wisata di Kota kelahiran Ibu kita, R.A Kartini, Jepara, semoga bermanfaat!

0 Response to "5 Tempat Wisata di Jepara Yang Menjadi Favorit Pengunjung"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *